Tuesday, August 16, 2011

Transfer Data GPS Garmin 76Csx Menggunakan Program Mapsource


Memproses data dari GPS Garmin 76Csx secara langsung dapat dilakukan secara mudah dan cepat. File yang ada pada GPS pada umumnya dalam bentuk Track (garis/lintasan) dan WayPoint (titik). Untuk dapat mentransfer data dari perangkat GPS ke komputer terlebih dahulu komputer tersebut harus di instal dengan program Map Source yang umumnya didapatkan ketika membeli GPS tersebut. Adapun cara atau langkah-langkah dalam tranfer dan mengolah data yang dihasilkan dari perangkat GPS dengan menggunakan program arcview adalah sebagai berikut.

Sebelum kabel koneksi dihubungkan dari GPS ke komputer terlebih dahulu program Map Source di instal ke komputer, kemudian diaktifkan sehingga pada layar komputer akan seperti pada Gambar 1, setelah itu koneksikan kabel dari GPS ke komputer serta pastikan GPS dalam keadaan aktif (On).


 

Kemudian Klik Transfer yang ada pada toolbar kemudian klik Receive From Device sehingga akan muncul kotak Receive From Device. Jika GPS sudah terhubung maka pada Find Device akan muncul nama GPS tersebut ‘Garmin 7.6Csx’ serta pada What to receive akan muncul Track atau WayPoint yang ada pada GPS tersebut. Setelah itu klik receive maka tranfer akan mulai berjalan. Setelah transfer selesai GPS secara otomatis akan mati (Off). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 2.  


Setelah GPS mati (Off) maka data sudah selesai ditransfer dan pada layar akan tampil data yang telah ditranfer tersebut baik berupa Track atau WayPoint seperti pada Gambar 3. Simpan Data tersebut dengan nama dan folder sesuai keinginan.

Jika Anda ingin membuka atau melakukan editing dengan menggunakan program Arcview maka data tersebut harus diubah tipe filenya menjadi DXF (.dxf), caranya adalah dengan menyimpan (Save as) data tersebut ke Folder My Document dan merubah tipe filenya dari gdb menjadi dfx seperti pada Gambar 4. Selain cara tersebut Anda juga dapat mengaktifkan ekstensi DNR Garmin pada Arcview.

Langkah selanjutnya buka/aktifkan program arcview kemudian klik File pada toolbar pilih Extension maka akan muncul kotak dengan berbagai extensi. Kemudian klik pada Cad Reader agar arcview dapat membuka file dengan ekstensi DXF seperti pada Gambar 5.

Kemudian buka file yang telah dalam bentuk dxf tadi dengan cara klik ikon Add Theme atau klik View kemudian pilih Add Theme, setelah itu maka pada layar kerja arcview akan muncul gambar seperti pada layar kerja Map Source. Pada tampilan arcview teks atau nama tidak ditampilkan secara langsung tapi harus diaktifkan dengan mengklik Theme pilih Auto Label.

Theme yang telah ada ini bukanlah berekstensi .shp tetapi berekstensi .dxf, untuk menjadikan theme tersebut menjadi bentuk .shp maka harus dikonvert terlebih dahulu. Caranya dengan meng-klik toolbar theme kemudian pilih convert to shapefile. Jika Anda akan langsung melakukan delineniasi pada theme dxf teresebut maka tidak perlu melakukan proses konversi.     

1 comment:

  1. terima kasih atas petunjuk yg bapak uraikan,sangat bermanfaat.saya ingin tanya Pak,bagaimana caranya kita menghitung luas area dari titik waypoint yg sudah ada?Mohon petunjuknya,trims..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog kami, mohon masukkannya