Wednesday, September 14, 2011

Parameter Penentu Kesuburan, Produktivitas, Kemampuan Serta Kesesuaian Tanah

Kesuburan Tanah

Parameter yang digunakan untuk menentukan kesuburan tanah adalah; jeluk efektif, struktur, konsistensi, internal drainage, daya simpan lengas, kadar hara (N, P, K, S, Ca, dan Mg), KPK, cadangan mineral terlapukan, pH, kadar bahan organik, sifat bahan organik, kejenuhan basa, serta kandungan zat beracun (kejenuhan Al, Mn)

Produktivitas Tanah

Parameter yang digunakan untuk menentukan produktivitas tanah pada dasarnya hampir sama dengan kesuburan tanah, jika dalam produktivitas tanah lebih ditekankan pada kebutuhan tanaman dan sistem pengelolaan sendiri-sendiri serta memperhatikan keadaan lingkungan yang kiranya berpengaruh dan keterkelolaan sifat tanah. Keadaan lingkungan yang dapat mempengaruhi hubungan tanaman dengan tanah dan kinerja tanaman serta menentukan kemungkinan mengadakan usaha kompensasi mencakup pola hujan, tinggi tempat, serta pengatusan. Keterkelolaan sifat tanah yang menjadi faktor pembatas menentukan kemungkinan meningkatkan efektivitas sistem pengelolaan. Sifat tanah yang menjadi faktor pembatas adalah lapisan padas dangkal, air tanah dangkal, tanah masam, tanah berbatu dll. Menanam tanaman yang sesuai, mengadakan usahan kompensasi terhadap keadaan lingkungan yang tidak menguntungkan, dan menghilangkan atau meringankan sifat tanah yang menjadi faktor pembatas, akan meningkatkan harkat produktivitas tanah. Dengan demikian maka terdapat 2 pengertian tentang produktivitas tanah yaitu; (1) produktivitas aktual, yaitu dengan menggunakan teknologi sederhana yang sudah biasa dimanfaatkan, (2) produktivitas potensial, yaitu dengan menggunakan teknologi yang terkini atau teknologi yang telah diperbaharui.

Kemampuan Tanah

Parameter untuk menentukan kemampuan tanah hampir sama denagn parameter yang digunakan untuk menentukan produktivitas tanah. Parameter tambahan yang digunakan dalam menentukan kemampuan tanah adalah faktor penghambat usaha, resiko, serta bahaya. Faktor-faktor  yang harus diperhatikan antara lain topografi, erosi, banjir, kekeringan dan sebagainya. Kemampuan lahan juga dapat dinyatakan dalam kemampuan lahan aktual dan kemampuan lahan potensial.

Kesesuaian Tanah

Parameter yang digunakan untuk menentukan kesesuaian tanah hampir sama dengan kemampuan tanah, dengan penambahan faktor sosial-ekonomi, seperti akses, sarana, dan prasarana fisik, pemasaran, serta strategi dalam pemasaran.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog kami, mohon masukkannya